, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

cara menjahit dress model prisket

cara menjahit dress model prisket

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara menjahit dress model prisket


CARA MEMBUAT DAN MERAWAT KAIN PLISKET

cara menjahit dress model prisket-Kain plisket adalah jenis kain yang melipat-lipat secara rapi, lipatan-lipatan tersebut terjadi karena diproses dengan mesin ataupun dengan cara manual. Plisket dapat digunakan untuk kain sejenis kerudung, rok sampai gording. cara pembuatannya adalah dengan dengan manual dan mesin. Cara plisket manual dan sederhana  adalalah dengan menaburkan serbuk khusus pada kain, selanjutnya kain disetrika dan dilipat sesuai ukuran yang diinginkan, teruslah melipat dan menyetrika sampai ujung terakhir. Sedangkan  untuk pembuatan plisket dengan mesin otomatis adalah sebagai berikut:


Kain dimasukan ke mesin yang sedang berjalan. Saat kain sudah masuk maka di situ kain akan dilipat-lipat oleh pisau kemudian melewati 3 buah rol pemanas yang sudah diselubungi kain katun, Hal ini bertujuan agar kain yang diplisket tidak kontak langsung dengan rol tersebut. Tahapan ini memerlukan kertas berupa roll yakni kertas yang bisa dipakai berulang-ulang sebagai feeder/pembawa kain agar masuk ke mesin, selain itu kertas ini berfungsi sebagai pelapis tahan panas dan Kertas roll tersebut bisa digulung kembali untuk digunakan lagi. Adapun alat penggulungnya biasanya sudah 1 paket dengan mesin, jarak antar lipatan bisa disetting sendiri tergantung keperluan.

Tips merawat kain plisket



Perawatan kain plisket sangat mudah dan sederhana sekali, yakni:


    Simpanlah kain plisket menggunakan gantungan baju (hanger) untuk mempertahankan lipatannya.
    Untuk mencuci lakukanlah dengan cara dicelup-celupkan saja ke dalam air yang mengandung sedikit deterjen dan usahakan jangan disikat.
    Jemurlah kain yang telah dicuci lalu cepat angkat dari jemuran bila sudah kering, jangan menjemur kain plistet terlalu lama karena kemungkinan akan merubah tekstur kain.
    Pada jenis lipatan yang agak lebar dapat disetrika agar rapi, tapi untuk kain yang tipis dengan lipatan yang kecil-kecil usahakan jangan disetrika.

sumber : http://perawatanrtdonto.blogspot.com/2013/09/cara-membuat-dan-merawat-kain-plisket.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit dress model prisket

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang cara menjahit dress model lipit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment