, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tujuan belajar

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Tujuan belajar

Tujuan belajar




Pencapaian tujuan belajar perlu diciptakannya dengan kondisi belajar yang efektif untuk mencapai prestasi belajar yang maksimal.Sardiman A.M (2001:26) mengemukakan bahwa belajar mempunyai tujuan secara umum ada tiga jenis yaitu untuk mendapatkan pengetahuan, penanaman konsep dan ketrampilan dan pembentukan sikap. Tujuan belajar dapat dijelaskan sebagai berikut :

Mendapatkan pengetahuan


Pengetahuan memperluas kemampuan berpikir seseorang dan mengembangkan diri secara mantap yang bermanfaat bagi diri dan oranglain.

Penanaman konsep dan ketrampilan

Individu dalam mempelajari dan mengerjakan sesuatu hal perlu penguasaan praktek dan ketrampilan serta perumusan konsep memudahkan pemecahan masalah dan kreativitas dalam berfikir.

Pembentukan sikap


Penanaman nilai-nilai membentuk sikap mental dan perilaku, dijadikan sebagai landasan sehingga tumbuh kesadaran dan kemauan untuk mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Pencapaian tujuan belajar berarti akan menghasilkan hasil belajar dan keberhasilan seseorang dalam belajar dipengaruhi oleh kemampuannya menguasai materi yang dipelajari sesuai dengan tujuan belajar.


Charles E Jhonsons dikutip Cece Wijaya dan Tabrani Rusyan (1992:8) berpendapat bahwa kemampuan adalah perilaku yang rasional untuk mancapai tujuan yang dipersyaratkan sesuai kondisi yang diharapkan. Kemampuan tumbuh dari diri sendiri dan untuk memperolehnya diperlukan dorongan dan semangat yang ditunjukkan dengan perilaku nyata. Setiap orang menunjukkan kemampuan yang tidak sama, dilihat dari kecakapan yang dimiliki meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Seseorang mempunyai kelebihan pada aspek tertentu yang tidak dimiliki oleh individu yang lain yang akan mempengaruhi proses dan hasil belajarnya. Dalam penelitian ini lebih mengacu pada aspek psikomotorik, dimana mahasiswa tampak pada kegiatan ketrampilan dan penampilan dalam segala tindakan individu yang meliputi ; peniruan, manipulasi, ketepatan, artikulasi, dan pengalamiahan.

0 komentar:

Post a Comment