Jenis-jenis Pelayanan

Jenis-jenis Pelayanan

"Jenis-jenis Pelayanan"

a) Pelayanan yang ramah

Ramah adalah sikap yang menunjukkan keakraban, kesopanan        kelemah-lembutan. Dalam memberikan pelayanan kepada pelanggan, seorang karyawan selain harus berpenampilan menarik juga dituntut harus memiliki sikap ramah. Pelanggan yang dilayani terdiri dari      berbagai jenis manusia, berbagai tingkat social, suku bangsa, dan  berbagai agama serta kepercayaan, maka harus bisa menyesuaikan   diri dengan pelanggan.

Pelayanan yang Ramah dapat ditunjukkan antara lain:
1)Biasakan diri tersenyum dalam menghadapi siapapun
2)Melakukan tegur sapa dengan pelanggan secara akrab
3)Menanyakan kabar sebagai basa-basi adap Timur
4)Jika sedang sibuk, utarakan ungkapan yang dapat digunakan
5)Membantu membawakan barangnya dengan ikhlas jika ada pelanggan yang membawa bawaan
6)Biasakan menggunakan kata-kata yang baik, dan tidak melukai hati pelanggan


b) Pelayanan yang profesional

Karyawan yang professional adalah karyawan yang tahu dan menguasai bagaimana cara menyelesaikan permasalahan yang menjadi tanggung jawabnya dengan bijaksana
Karyawan yang professional memiliki sikap mandiri dalam menjalankan tugasnya. Ia mampu memberikan kepastian mengenai pelaksanaan tugasnya dan mampu memutuskan hal-hal yang perlu mendapatkan respon secara cepat dan tepat.
Dengan demikian Karyawan yang professional dituntut memiliki kepribadian yang mantap, mampu bertanggung jawab, dan berdedikasi tinggi. Dengan kualitas demikian, diharapkan ia akan mampu memberikan Pelayanan Prima (maksimal) bagi perusahaan dan pelanggannya, memberikan keyakinan kepada pelangan dan pada akhirnya memuaskan semua pihak yang berkepentingan.

0 komentar:

Post a Comment