, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Definisi Kain Flanel

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Definisi Kain Flanel

 kerajinan tekstil dari kain flanel beserta komentar - Kain flanel atau felt adalah jenis kain yang dibuat dari serat wol, tanpa ditenun. Proses pembuatan kain flanel disebut juga wet felting, yaitu proses pemanasan dan penguapan sehingga menghasilkan jenis kain flanel atau felt yang beragam tekstur dan jenisnya, tergantung dari campuran bahan pembuatnya..

Seiring berjalannya waktu , flanel  semakin di kenal banyak orang. Terutama , kalangan perajin aksesori. Salah satu hal yang manarik dari kain flanel adalah warnanya yang beragam dan lengkap, selain itu tekstur kainnya yang lembut.

Sejarah Singkat Flanel


Flanel adalah jenis kain tertua dalam sejarah manusia, lebih tua dari kain tenun dan rajut. Jenis kain flanel yang sangat rumit juga ditemukan dalam kondisi diawetkan di sebuah makam di Siberia yang berasal dari tahun 600M.

Banyak bangsa yang memiliki legenda dalam kebudayaannya tentang pembuatan kain felt atau flanel ini. Legenda dari Sumeria mengklaim bahwa pembuatan flanel untuk pertama kalinya ditemukan oleh seseorang yang bernama Urnamman. Tradisi membuat kain felt juga masih dipraktikan oleh kaum nomadic di Asia Tengah untuk membuat permadani, tenda atau pakaian. Di Barat flanel jugadigunakan secara luas sebagai media untuk berekspresi dalam dunia seni tekstil seperti halnya seni desain.

Kegunaan Flanel


Digunakan untuk membuat kerajinan tangan atau handicraft. Aneka kerajinan tangan dari flanel bisa bermacam – macam, antara lain gantungan kunci, gantungan hp, tempelan kulkas, bross krudung ,jepitan rambut, kalung, bando dsb. Untuk mendapatkan kain flanel ada di toko-toko perlengkapan jahit. Yang menarik dari kain flanel, menurut saya adalah warnanya yang bermacam-macam dan lembut. Dan, karena lembut itu, kain flanel ama
n bagi anak-anak apabila dibuat menjadi mainan. ( Sumber : Buku Pintar Berkreasi Dengan Kain Flanel )

Saat ini trend di masyarakat semakin berkembang. Bermacam produk yang bisa dikombinasi dengan hiasan dari kain Flanel. Bentuk desainnya pun menjadi lebih bervariasi. Melalui brand  azizahflanel, Saya ingin memperkenalkan beragam aksesoris, dan souvenir dengan desain unik dari kainFlanel.



Awalnya  saya membuat kerajinan kain Flanel karna adik saya ada tugas dari sekolah untuk membuat gantungan kunci dari flanel, dari situlah saya langsung tertarik dengan kain flanel karna kainnya warna warni dan cerah pasti imut dan lucu  dibuat boneka.Lalu saya browsing and cari – cari info tentang flanel , setelah itu saya coba – coba membuat bross krudung dari flanel dan dipakai adik saya untuk menhiasi krudungnya . Ternyata dapet respon bagus dari
temen – temen adikku dan banyak yang pesan. Respon yang bagus itulah yg membuat saya tertarik dan mantap mengembagkan usaha flanel ini.Bahkan saya menjual bross flanel di Koperasi sekolah.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kerajinan tekstil dari kain flanel beserta komentar

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Blus

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://azizahflanel.wordpress.com/2012/06/05/definisi-kain-flanel/

0 komentar:

Post a Comment