, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Produk Kerajina Tangan Dari Bahan Alam

 10 kerajinan tangan dan alat bahan,teknik,dan fungsinya - A.Latar Belakang
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Produk Kerajina Tangan Dari Bahan Alam
Kerajinan tangan merupakan hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (kerajinan tangan). Kerajinan yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Dari kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang. Kerajinan Tangan bisa disebut juga suatu kegiatan dalam menciptakan suatu  bentuk produk yang dominan menggunakan tangan manusia, yang sangat minim dalam penggunaan mesin atau alat otomatis. Hal yang lumrah dalam pembuatan kerajinan tangan adalah mengangkat suatu nilai dari bahan atau barang yang tidak layak pakai (barang bekas), sehingga memiliki fungsi untuk kehidupan dan tentunya  bernilai ekonomis.


B.Produk Kerajinan Tangan dari Bahan Alam



1.Kerajinan Tangan dari Tanah Liat



Kerajinan tangan dari tanah liat merupakan kerajinan tangan yang berbahan dasar tanah liat. Pembuatan kerajinan tangan dari tanah liat pada umunya masih  bersifat tradisional yakni masih menggunakan tangan manusia. Kerajinan tangan dari tanah liat umumnya mengalami beberapa proses dalam pembuatannya, diantaranya :

1.Persiapan tanah liat
2.Proses pembentukan
3.Penjemuran
4.Pembakaran
5.Penyempurnaan

4.Pelepah Pisang

Sebagain besar orang menganggap pelepah pisang (kering) adalah sampah yang tidak berguna. Bahkan terkadang oleh orang tua dibakar karena dianggap mengotori kebun. Namun kini pelepah pisang bisa dijadikan karya seni lukisan yang indah dan bernilai ekonomi tinggi. Lagi-lagi tangan-tangan orang kreatif yang menjadikan limbah seperti itu sebagai sebuah berkah.


5.Kulit Jagung


Sebahagian dari kita menganggap pada bahagian jagung yang bernilai tinggi adalah bijinya saja. Namun tanpa kita sadari kulit dari jagung bisa kita manfaatkan sebagai hasil kerajinan yang bernilai ekonomis tinggi. Kulit jagung dapat kita jadikan kerajinan seperti rangkaian bunga ataupun hiasan yang benilai jual tinggi. Tergantung dari hasil kreatifitas kita masing-masing.


3.Kerajinan Tangan dari Kayu

Kerajinan tangan dari kayu merupakan kerajinan yang memanfaatkan kayu sebagai bahan utama dalam pembuatannya. Proses pembuatan kerajinan kayu memiliki beberapa macam teknik. Diantaranya, Teknik Ukur, Pahat, Bubut, Strol, Tempel atau Sambung. Berikut adalah beberapa contoh gambar hasil kerajinan tangan dari kayu.


Kerajinan kayu atau sering disebut woodcraft

 bagi masyarakat Indonesia merupakan produk yang sudah lama ditekuni dan menjadi salah satu kekayaan seni kriya yang dikenal hingga ke mancanegara. Daerah-daerah seperti di Kalimantan, Jawa Tengah, Sulawesi, Bali, dan Papua memiliki jenis kerajinan kayu yang berbeda- beda sehingga makin menambah keragaman budaya negeri ini. Kerajinan kayu
 woodcraft
 tersebut ketika ditekuni ternyata bisa menjadi sebuah usaha yang memiliki  prospek menjanjikan, terutama bagi daerah yang selama ini menjadi salah satu tujuan wisata baik domestik maupun mancanegara.


Dari teknik pembuatannya, bebrapa langkah pengerjaan pada umumnya, yaitu:


1.Pertama-tama penyiapan bahan baku kayu, umumnya menggunakan mesin  potong kayu dan alat pengering.

2.Kedua pembentukan dibuat menggunakan gergaji dan alat pahat.

3.Ketiga pembentukan halus atau pengukiran dengan menggunakan alat pahat.

4.Keempat penghalusan biasanya menggunakan amplas.

5.Finishing biasanya dibantu dengan mesin semprot cat dan kuas untuk mewarnai

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang 10 kerajinan tangan dan alat bahan,teknik,dan fungsinya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kain Ulos, Kerajinan Tradisional Batak Provinsi Sumatra Utara

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://www.academia.edu/921859/Produk_Kerajinan_Tangan_Dari_Bahan_Alam

0 komentar:

Post a Comment