, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Contoh Blus Batik

 Contoh Blus Batik

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Contoh Blus Batik


belajar menjahit baju batik - Blus Batik merupakan salah satu busana dasar batik yang banyak manfaat bisa untuk pakaian wanita atau dikenakan untuk acara santai seperti jalan-jalan,arisan,tapi tetap gaya atau berkumpul bersama keluarga .blus batik ini mengombinasikan bahan katun bersifat lembut dan nyaman di pakai.
untuk yang baru belajar menjahit sebaiknya gunakan saja bahan jenis ini,mulailah dengan bahan katun ringan atau bahan katun campuran.guna memudahkan dan memperlancar proses menjahit,ada beberapa bahan dan alat yang harus dimiliki.agar hasil jahitan tampil maksimal pilih bahan dan alat-alat yang berkualitas.

memilih busana blus batik yang harus diperhatikan adalah kesesuaian antara bentuk dan tinggi badan,selain itu warna dan ascekoris juga menjadi pertimbangan kita dalam memilih blus batik yang cocok.
ukuran yang diperlukan untuk membuat blus hanya 3 yaitu:lingkar badan,lingkar pinggangl,lingkar pinggul.gak ada istilah gak bakat kalo kita serius belajar,latihan yang keras akan meminimalisir kesalahan,agar tangan terampil dan menghasilkan jahitan yang rapi dan bagus.


Langkah-Langkah kerja blus batik:


    membuat ukuran pola yaitu linkar badan,lingkar pinggul,lingkar pinggang,panjang baju,lebar bahu,panjang lengan,besar lengan,lebar muka.
    memotong dengan ukuran pola.


saat membuat pola,persiapkan semua peralatan diatas meja,alat ukur,kertas pola,penggaris,kapur penjahit,pensil dan gunting kertas.
Mulai dari yang ini kita belajar blus batik yang paling sederhana.
pertama:
Bahan-bahan yang diperlukan:

    2 m bahan katun dengan lebar 115 cm
    25 cm vaslin
    20 cm kain keras
    6 buah baju
    1 benang jahit.



    Cara memotong kain:

    mulailah membuat pola untuk bagian depan ,belakang,tangan,krah jika ada.tarik garis dengan menggunakan pensil  usahakan  mengikuti pola dasar.gunting pola pada garis tarikan pensilnya menggunakan gunting kertas,gunakan jarum pentul untuk menyematkan pola kedalam kain.usahakan semaksimal mungkin untuk memanfaatkan kain dan polanya agar tidak terbuang percuma.akhirnya membuat pola dengan garis lurus,usahakan ditambah 2 cm untuk obras,untuk pola garis lengkung ditambah 1 cm.

    Gunakan kapur jahit untuk membentuk nya agar rapi saat memotong kain.dan bagian krah sebelum dijahit sebaiknya bahan dan kain keras disetrika terlebih dahulu,agar menempel dengan kuat.

    Cara menjahit:

    sebelum menjahit ,kain yang sudah obras terlebih dahulu,kemudian pasang benang atas dan dalam sekocinya.jahitlah kain sesuai garis  jahit nya (gunakan kapur kain untuk menggaris),jarum pentul gunakan untuk menyematkan pola sebaiknya disematkan kembali,agar kain tidak bergeser saat menyambung bagian depan dengan bagian belakang pola.

    Usahakan jahit kopnat bagian depan dan belakang ,tempel vaslin dibagian depan dalam kain,semprot vaslin sampai  hingga menempel sempurna pada kain,jahit sambung bahu bagian depan dan belakang,semua kampuh jahitan 1,5 cm,kecuali ada keterangan lain,sambung sisi badan depan dengan sisi badan belakang.
    Setelah  menjahit blus batik dan telah selesai dan siap dikenakan,namun cobalah terlebih dahulu blus batik untuk memastikan ukurannya serta periksa kembali jahitan,agar jika ada bagian yang kurang rapi,dapat diperbaiki.

sumber : http://silviasuwirman.blogspot.com/2014/01/contoh-blus-batik.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar menjahit baju batik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang belajar menjahit baju batik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment