25 Contoh Gambar Ragam Hias Flora dan Fauna yang Mudah Digambar

25 Contoh Gambar Ragam Hias Flora dan Fauna yang Mudah Digambar

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
25 Contoh Gambar Ragam Hias Flora dan Fauna yang Mudah Digambar


gambar ragam hias – Menurut Wikipedia, ragam hias adalah bentuk dasar hiasan yang biasanya menjad pola yang diulang-ulang dalam sebuah karya seni atau kerajinan. Karya seni tersebut bisa berupa tenunan, tulisan (batik), ukiran, songket, serta ukiran atau pahatan pada batu/kayu.

Ragam hias bisa distilisasi hingga mampu menghasilkan berbagai variasi. Variasi dari ragam hias umumnya menjadi suatu unit budaya di daerah dan era tertentu sehingga bisa dijadikan sebagai pentunjuk bagi para sejarawan dan arkeolog.



Jenis-jenis Ragam Hias


Ragam hias adalah suatu karya seni rupa yang terinspirasi dari bentuk-bentuk yang terdapat di alam raya seperti tumbuh-tumbuhan dan binatang. Selain itu ragam hias pun ada yang berbentuk geometris dan figuratif serta dapat diaplikasikan ke dalam media dua dimensi atau tiga dimensi. Berikut adalah 4 jenis ragam hias, yakni:
1. Ragam Hias Flora

Flora atau tumbuh-tumbuhan sebagai inspirasi dan sumber objek motif ragam hias hampir dapat kita jumpai di seluruh pulau di Indonesia. Ragam hias bermotif flora dapat dengan mudah kita jumpai terdapat di barang-barang seni seperti kain batik, tenunan, serta ukiran.
2. Ragam Hias Fauna

Untuk ragam hias fauna, gambar motif diambil atau terinspirasi dari hewan tertentu. Umumnya adalah hewan yang mengalami perubahan bentuk tubuh atau gaya. Sebagai contoh seperti kupu-kupu, kadal, burung, ikan, atau gajah.

Kini, ragam hias fauna sudah mengalami deformasi namun tidak serta merta meninggalkan bentuk aslinya. Ragam hias fauna saat ini dikombinasikan bersama ragam hias flora dengan bentuk yang divariasikan.

Banyak daerah di Indonesia yang menggunakan hewan sebagai objek ragam hias, misalnya Bali, Yogyakarta, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Sama halnya dengan ragam hias flora, motif fauna juga sering dijumpai pada kain batik, tenunan, ukiran, serta anyaman.
3. Ragam Hias Geometris

Motif hias ini dikembangkan dari bentuk geometris lalu kemudian digayakan sesuai dengan imajinasi dan selera dari pembuatnya. Ragam hias geometris dapat kita jumpai di seluruh daerah Indonesia. Ragam hias ini juga dapat digabungkan dengan bentuk-bentuk geometris lain sehingga tercipat satu motif ragam yang terlihat lebih unik.
4. Ragam Hias Figuratif

Ragam hias ini menggunakan objek manusia yang kemudian digayakan sedemikian rupa. Ragam hias figuratif umumnya terdapat pada bahan kayu dan tekstil yang mana pembuatannya dilakukan dengan cara menggambar. Ragam hias ini sangat banyak kita temui di daerah timur seperti Papua.

anikniken.blogspot.com
sen1budaya.blogspot.com
klinikdesain.com
ardikaryautama.blogspot.com
anggyaramadhini1.blogspot.co.id
youtube.com
kursusjahityogya.blogspot.com
pzdjt.net
parasakti7970.blogpsot.com
blogsuyono.com
astimusman.wordpress.com
amilafitriani.blogpsot.com

Contoh Gambar Ragam Hias Fauna

satujam.com
phunsukhwang.blogspot.com
oss.adm.ntu.edu.sg
el4nk.blogspot.com
kursusjahityogya.blogspot.com.
anikniken.blogspot.com
attyelmir.wordpress.com
richo-docs.blogspot.com
fadlanbahar99.blogpsot.com
parasakti7970.blogpsot.com
batiklasemida.blogspot.com
disparbud.jabarprov.go.id


Masih banyak motif hias lain selain 25 contoh gambar ragam hias flora dan fauna di atas. Kebanyakan ragam hias di Indonesia dapat kita temui dengan sangat mudah pada batik yang dipakai oleh orang lain.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  gambar ragam hias

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 7 macam rok pias

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://tekoneko.net/ragam-hias-flora-dan-fauna/

0 komentar:

Copyright © 2016 Kursus Menjahit.